Kembali
Kembali

PT. Fajar Mas Murni
PT.Fajar Mas Murni - Jual Airman Compressor dan Lighting Tower Allmand

Jenis Jenis Kompresor Angin

Tanggal :16/06/2021 10.55.00 Penulis : Alita

4 Jenis Kompresor Angin: Mana yang Tepat untuk Proyek Anda?

Kompresor angin adalah beberapa peralatan paling penting yang ditemukan di lokasi konstruksi, karena dapat digunakan sebagai sumber daya untuk peralatan listrik. Ada banyak jenis kompresor angin, masing-masing dengan kemampuan dan kekurangannya sendiri.

Kompresor angin dikategorikan sebagai perpindahan positif atau perpindahan dinamis, berdasarkan mekanisme internalnya. Empat jenis kompresor angin paling umum yang akan Anda lihat adalah:
- Kompresor Rotary Screw
- Kompresor Reciprocating
- Kompresor Axial
- Kompresor Centrifugal

Kami akan membahas apa yang paling baik digunakan masing-masing di bawah ini, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk proyek Anda.

Kompresor Perpindahan Positif


Kompresor perpindahan positif mencakup berbagai kompresor angin berbeda yang menghasilkan tenaga melalui perpindahan udara. Kompresor angin dalam kategori ini bekerja dengan mekanisme internal yang berbeda, tetapi prinsip untuk masing-masingnya sama. Rongga di dalam mesin menyimpan udara yang dibawa dari luar, dan kemudian secara perlahan memampatkan rongga tersebut untuk meningkatkan tekanan udara dan energi potensial.

Kompresor Rotary Screw


Jenis kompresor perpindahan yang umum, kompresor rotary screw adalah beberapa jenis kompresor angin yang paling mudah dirawat, karena dilengkapi dengan sistem pendingin internal dan tidak memerlukan banyak perawatan. Mereka biasanya besar, mesin berukuran industri yang dapat dilumasi dengan minyak atau berjalan bebas minyak.

Kompresor angin rotary screw menghasilkan energi melalui dua rotor internal yang berputar ke arah yang berlawanan. Udara terperangkap di antara dua rotor yang berlawanan, dan menimbulkan tekanan di dalam rumahan. Karena sistem pendingin internal, kompresor angin ini dirancang untuk penggunaan terus-menerus, dan memiliki tenaga dari 5 tenaga kuda hingga 350 tenaga kuda.

Kompresor Reciprocating


Jenis kompresor perpindahan populer lainnya adalah kompresor reciprocating. Ini biasanya ditemukan di lokasi kerja yang lebih kecil seperti garasi dan proyek konstruksi rumah. Tidak seperti kompresor rotary screw, kompresor reciprocating tidak dirancang untuk penggunaan terus menerus. Kompresor angin reciprocating memiliki lebih banyak bagian yang bergerak daripada kompresor rotary screw, dan bagian-bagian ini dilumasi dengan oli untuk gerakan yang lebih halus.

Kompresor angin jenis ini bekerja melalui piston di dalam silinder, yang memampatkan dan menggantikan udara untuk membangun tekanan. Kompresor reciprocating dapat datang dalam variasi tunggal atau multi-tahap, yang mempengaruhi rentang tekanan yang dapat mereka capai.

Saat Anda membutuhkan lebih banyak daya, kompresor multi-tahap adalah cara yang tepat. Sementara kompresor satu tahap akan menyelesaikan pekerjaan untuk proyek yang lebih kecil seperti pengerjaan kayu dan pengerjaan logam, kompresor multi tahap memberikan daya yang dibutuhkan untuk konstruksi yang intens, seperti perakitan dan pemeliharaan mobil. Kompresor reciprocating multi-tahap dapat mencapai hingga 30 tenaga kuda.

Kompresor Dinamis


Kompresor angin dinamis menghasilkan tenaga kuda dengan memasukkan udara dengan bilah yang berputar cepat dan kemudian membatasi udara untuk menciptakan tekanan. Energi kinetik kemudian disimpan sebagai statis di dalam kompresor.

Kompresor Aksial


Kompresor angin aksial biasanya tidak digunakan dalam proyek konstruksi tetapi malah ditemukan di mesin berkecepatan tinggi di kapal atau pesawat. Mereka memiliki tingkat efisiensi tinggi tetapi jauh lebih mahal daripada jenis kompresor angin lainnya, dan dapat menghasilkan hingga ribuan tenaga kuda, itulah sebabnya mereka terutama dicadangkan untuk penelitian kedirgantaraan.

Kompresor Sentrifugal


Kompresor angin sentrifugal memperlambat dan mendinginkan udara yang masuk melalui diffuser untuk membangun energi potensial. Karena proses kompresi multi-fase, kompresor sentrifugal mampu menghasilkan energi dalam jumlah besar dalam mesin yang relatif kecil.

Mereka membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada sekrup putar atau kompresor bolak-balik dan beberapa jenis dapat menghasilkan udara bebas minyak. Mereka biasanya digunakan untuk lokasi konstruksi yang lebih menuntut seperti pabrik kimia atau pusat manufaktur baja, karena dapat mencapai sekitar 1.000 tenaga kuda.

Bagaimana Saya Memilih Jenis Kompresor Angin yang Tepat?


Selain mekanisme pembangkit daya dan tingkat keluaran energi yang dibahas di atas, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jenis kompresor angin yang tepat.

Pertimbangkan Kualitas Udara Kompresor Bebas Minyak

Dalam lingkungan manufaktur yang bersih, menggunakan kompresor angin bertenaga minyak dapat menimbulkan masalah. Sebagian besar kompresor angin mengandalkan oli untuk melumasi mekanisme bagian dalam, dan asapnya dapat mencemari udara, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada produk atau proses manufaktur. Dengan kompresor angin bebas oli, risiko ini sangat berkurang.

Meskipun kompresor bebas minyak umumnya lebih mahal, mereka adalah satu-satunya pilihan untuk fasilitas yang menjamin produksi bersih. Oli mungkin masih diperlukan untuk melumasi mesin, tetapi bagian dalam kompresor bebas oli memiliki mekanisme penyegelan yang berbeda untuk memastikan bahwa tidak ada oli yang masuk ke kompresor yang sebenarnya. Selain udara bersih, kompresor bebas oli sering kali memiliki biaya pengoperasian yang lebih rendah karena suku cadang tidak perlu sering diganti.

Gunakan Energi Secara Efisien

Jika Anda mengerjakan proyek konstruksi yang panjang, mendapatkan kompresor angin yang paling hemat energi dapat sepadan dengan biaya tambahan dalam jangka panjang. Di bawah ini adalah beberapa jenis kompresor angin yang hemat energi.

Kompresor Kecepatan Tetap vs Kompresor Kecepatan Variabel

Kompresor Variable Speed-Driven (VSD) menghemat energi dan uang dengan meningkatkan atau menurunkan output sesuai permintaan. Sebagai perbandingan, motor pada kompresor berkecepatan tetap terus berputar pada kecepatan yang sama. Ini baik-baik saja saat kompresor sedang digunakan, tetapi saat unit melambat, motor terus berjalan sampai mesin berhenti total. Energi terbuang selama periode pendinginan ini karena kompresor masih bekerja, tetapi tidak ada daya yang dihasilkan.

Kompresor Angin Gas Alam

Dalam pengaturan industri tertentu, kompresor gas alam bekerja dengan baik untuk peralatan listrik dan peralatan. Contohnya termasuk pabrik pengolahan kimia, kilang minyak bumi, dan fasilitas manufaktur. Unit-unit ini menggunakan gas alam, bukan diesel atau listrik. Kompresor angin gas alam sering beroperasi lebih efisien daripada opsi lain, bahkan pada beban parsial. Mereka juga memiliki kemampuan pemulihan panas yang lebih baik daripada kompresor listrik. Jika efisiensi dan penghematan energi adalah tujuan utama Anda, unit gas alam mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Cari Tahu Batasan Portabilitas

Jika Anda mengangkut kompresor angin antar lokasi, unit portabel adalah pilihan yang baik. Unit kecil dan ringan masih dapat menghasilkan energi, tetapi dalam kemasan yang ringkas. Meskipun mereka tidak akan sekuat unit yang lebih besar, kompresor portabel bisa ideal untuk proyek konstruksi yang lebih kecil. Unit tertentu bahkan dapat dicolokkan ke adaptor daya mobil untuk mengisi bahan bakar alat pengecatan airbrush atau alat pemecah ban!

Tentukan Kebutuhan Fitur Tambahan

Ada berbagai add-on dan fitur tambahan yang dapat Anda gunakan dengan berbagai jenis kompresor angin. Misalnya, beberapa skrup atau pemisah selang udara memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa alat ke kompresor angin Anda, sehingga Anda tidak perlu menghubungkan dan memutuskan saat Anda terus-menerus mengubah tugas. Kompresor angin dengan tambahan perlindungan termal melacak pemanasan internal dan menghentikan kerusakan motor jika mesin kelebihan beban.

Beberapa kompresor angin memiliki sistem penggerak sabuk daripada penggerak langsung, yang memungkinkan pengoperasian lebih tenang. Jika Anda merasa akan memerlukan salah satu dari fitur tambahan ini, Anda akan ingin memastikan bahwa jenis kompresor angin yang Anda pilih akan kompatibel dengan alat ini.

Jika Anda ingin komitmen membeli kompresor angin untuk pekerjaan konstruksi Anda, PT. Fajar Mas Murni memiliki beberapa jenis kompresor angin yang siap Anda beli untuk pekerjaan Anda selanjutnya. Dari yang kecil dan portabel hingga skala industri, kini Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat pilihan terbaik bagi Anda.

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot